Tuesday, August 2, 2016

Adjustment layer dan cliping mask untuk Manipulasi

Selamat Pagi All photoshoper
saya newbi :D sekedar ingin memberi sedikit tips kepada rekan rekan terutama yang suka tempel tempel atau biasa disebut manipulasi.saya liat kok banyak yang asal tempel tanpa diatur dulu pencerahannya,jadi kesannya malah tabrakan antara background dengan yang ditempel (render).maka dari itu saya akan memberi sedikit tehnik dasar dalam mengedit.

1.Adjustment Layer
kebanyakan pemula biasanya menggunakan menu image>>adjustment.kalau menggunakan menu ini maka adjustment akan jadi permanen .artinya harus mendelete render dan mengganti dengan yang original.ini sangat sangat merugikan apalagi kalau adjustmentnya itu kurang pas atau kurang nyatu.Berbeda dengan Layer >new adjustment layer.Dengan ini kita bisa mengatur adjustment sesuka hati tanpa takut salah. Semisal salah tinggal delete saja adjustmentnya render aman tanpa ada efek permanen.Layer adjutment ini bisa ditumpuk.Cara penggunaannya taruh layer adjustment diatas layer yang akan diberi efek.Layer adjustment ini dapat ditumpuk dengan adjustment yang sama atau yang berbeda.keterangannya bisa dilihat di foto
.
2.Cliping mask
cliping mask disini digunakan untuk memisahkan agar efek hanya diterapkan ke 1 layer saja .sebenarnya kegunaan cliping mask ini lebih banyak lagi.silahkan cari cari di google tentang kegunaan menu ini .caranya taruh adjustment diatas layer yang akan diberi efek. klik kanan layer adjustment lalu pilih create cliping mask.
.
nah sekian tips dari saya,sori sample bukan gambar orang soalnya saya biasa edit karakter game :D

Terima kasih sudah m
embaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar
EmoticonEmoticon